Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Monday, December 16th 2013. | Kesehatan

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Anda bisa mulai dengan berkonsentrasi pada bidang gaya hidup utama seperti makan, olahraga, merokok dan minum, dan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti sejarah keluarga, diabetes dan stres.

Di bawah ini ada 10 tips menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung agar jantung tetap sehat, yaitu:

1. Kurangi konsumsi garam
Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat, hentikan menggunakan garam di meja dan kurangi untuk memasak. Juga berhati-hatilah untuk kadar garam yang tinggi dalam masakan olahan.  Periksa label makanan yang tinggi garam jika memiliki 0,6g sodium per 100gr.

2. Lakukan Relaksasi

Melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres yang bisa mendatangkan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular.

Berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks. Melakukan sesi meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung.

3. Makanlah Kacang-kacangan Sehat

Gantilah cemilan Anda dengan memakan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan.

Kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya telah terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah.
Kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi, jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.
Cukup mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari dapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

4. Berjalan Kaki

Berjalan kaki membuat tubuh bergerak, melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru.
Berjalan cepat sejauh tiga km setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

5. Berhenti Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru.
Jika tidak bisa langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok bisa membantu jantung tetap sehat.

6. Tidur Malam Berkualitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang.
Kurang tidur menyebabkan Anda memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang mungkin perlu lebih dari 8 jam.
Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu. Orang yang mendapatkan tidur cukup berat badannya lebih terkontrol dan memiliki kesehatan yang lebih baik.

7. Lakukan Latihan Kekuatan/Olahraga Beban

Menambahkan latihan kekuatan atau olahraga beban sebagai salah satu latihan pada olahraga rutin bisa memperkuat otot jantung serta membantu jantung untuk berdetak dan memompa darah lebih efisien.
Meskipun latihan aerobik harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, sesi latihan beban bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

8. Hentikan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung banyak lemak jenuh, garam, gula, bahan pengawet, dan penguat rasa.
Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung, melainkan juga bisa menimbulkan penyakit kronis dan obesitas.[]
Berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks. Melakukan sesi meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung.

9. Makan minyak ikan dua kali seminggu

Ikan seperti mackerel , sarden , tuna segar dan salmon merupakan sumber yang sangat baik dari omega – 3 lemak , yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung .

10. Hindari lemak jenuh

Perubahan kecil untuk diet Anda dapat memiliki manfaat kesehatan yang positif . Pilih semi- skim atas susu penuh lemak , potongan kecil daging , dan bakar (grill) makanan daripada menggoreng .

Related posts:

tags: , ,