Tips Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami di Rumah

Monday, April 17th 2017. | Kecantikan

tips menghilangkan ketombe2      Rambut berketome bisa jadi masalah serius untuk penampilan wanita maupun pria. Ketimbang berganti-ganti shampo anti-dandruff, Anda bisa mencoba tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami.

Setiap orang berisiko mengalami masalah ketombe akibat peningkatan produksi minyak atau sebum di kulit kepala. Produksi minyak yang berlebih itupun memicu timbulnya jamur Malassezia.

Meski begitu, keramas setiap hari bukan solusi mengusir ketomba. Bahkan kondisi kulit kepala makin kering dan teriritasi. Karenanya, Anda bisa mencoba lima tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami seperti disarankan berikut ini.

  1. Cuka Apel

Tingkat keasaman cuka apel dapat digunakan untuk mengurangi populasi jamur penyebab ketombe serta menjaga keseimbangan pH di kulit kepala. Caranya:

  • Tambahkan ¼ cangkir cuka apel dengan beberapa tetes air biasa. Perlahan usapkan rata di rambut dan kulit kepala, tapi jangan sampai kena mata. Bungkus kepala dengan handuk hangat selama 20-30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Lakukan tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami cuka apel paling kurang seminggu dua kali.
  1. Lemon dan Air Kelapa

Manfaat antioksidan dari minyak kelapa cocok dikombinasi dengan sitrat pada jus lemon sehingga dapat menghilangkan ketombe secara efektif. Kombinasi kedua bahan ini juga memperkuat folikel rambut sehingga masalah kerontokan bisa dicegah. Tipsnya:

  • Langkah pertama, peraslah air lemon sampai ½ cangkir saja dan campurkan ke dalamnya 2 sdm minyak kelapa.
  • Poleskan merata ke kulit kepala yang menghadapi masalah ketombe. Diamkan selama 20 menit dan segera bilas rambut sampai bersih.
  1. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan perawatan rambut yang paling dipercaya manfaatnya. Kandungan pH yang tinggi ampuh menghilangkan bakteri dan jamur pemicu gatal akibat ketombe, sehingga membuat rambut semakin bersih. Tipsnya:

  • Anda bisa mencampur 1 sdm baking soda dengan beberapa tetes shampo anti-ketombe. Oleskan merata ke seluruh bagian rambil sambil dipijat perlahan hingga kulit kepala.
  • Diamkan selama 10-15 menit dan sebaiknya menggunakan steam handuk hangat. Bilas dengan air bersih seperti biasanya. Penerapan tips ini cukup 3 kali dalam seminggu saja.
  1. Jahe dan Minyak Zaitun

      tips menghilangkan ketombe3

     Ini dia tips menghilangkan ketome dengan bahan alami yang memadukan khasiat rempah dapur dengan minyak bernutrisi. Keduanya tidak hanya bisa mengusir ketombe tetapi juga mencegah kerontokan rambut.

Namun pada tips ini disarankan untuk tidak terlalu banyak memakai parutan jahe. Mengingat kondisi kulit kepala Anda mungkin sensitif terhadap sensasi panas yang ditimbulkan oleh rempah ini. Tipsnya:

  • Parut 1 sendok teh jahe ke dalam piring kecil. Tambahkan 2 sdm mintak zaitun, campur merata. Poleskan ramuan ini dengan pijatan ringan ke seluruh bagian kulit kepala. Diamkan selama 30 menit. Setelahnya bilas rambut seperti biasa sampai bersih.
  1. Pisang, Madu, dan Lemon

Temukan paduan yang sangat alami di antara pisang, madu, dan juga lemon. Madu dan lemon mampu mencegah jamur ketombe yang berkembang-biak. Sementara nutrisi di dalam buah pisang efektif untuk melembabkan serta menstimulasi pertumbuhan rambut. Tipsnya:

  • Ambil wadah, haluskan satu buah pisang. Tambah lumatan pisang dengan 1 sendok makan madu murni serta 2 tetes minyak zaitun. Aduk rata sampai mengental. Aplikasikan masker secara merata pada kulit kepala, bungkus rambut dengan steam handuk hangat selama 20 menit, dan terakhir bilas sampai bersih.

Beberapa tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami tadi bisa sangat membantu perawatan rambut sehat Anda sehari-hari. Namun jika 30 hari kemudian ketombe masih membandel maka ada baiknya Anda segera datang ke ahli dermatologi agar diberikan rekomendasi serum atau vitamin yang tepat.

 

 

Related posts:

tags: , ,