Tips Mengatasi Komedo

12 Jul

Bagaimana tips mengatasi komedo?

Komedo biasanya yang muncul pada wajah rasanya sangat menjengkelkan. Bintik hitam atau putih mungkin membuat orang berpikir kita kotor, karena tidak rajin membersihkan wajah.

Komedo sebenarnya adalah kotoran yang menutup pori-pori secara bertahap menjadi hitam. Jika wajah tampak penuh komedo, wajah akan terlihat kusam. Kotoran, debu, kulit penumpukan sel kulit mati dan kelebihan minyak bersatu dan menjadikanya komedo.

Ada dua jenis komedo atau blackhead. Blackhead terbuka, warnanya hitam dan membuat pori-pori membesar. Lalu ada Whitehead atau komedo yang tertutup. Komedo ini berada di balik lapisan kulit dan terlihat seperti benjolan kulit.

Berikut beberapa tips mengatasi komedo:

1. Gunakan pembersih yang tepat untuk kulit Anda. Oleh karena itu pertama, mengidentifikasi jenis kulit Anda. Kulit berminyak biasanya yang memberi pasokan komedo yang banyak. Membersihkan wajah dengan tekun adalah langkah awal yang tepat.

2. Pilih pelembab yang cocok. Jangan biarkan pelembab yang akan membuat kulit lebih berminyak, maka sesuaikan dengan jenis kulit.

3. Hindari bedak padat. Untuk perempuan, bedak padat merupakan sumber utama dari komedo, karena menempel di wajah. Fondation atau alas bedak juga dapat menjadi penyebab komedo, terutama jika sisanya masih menempel di kulit.

4. Melakukan perawatan  wajah (facial). Lakukan secara teratur dan setelah masa menstruasi. Lebih baik, jika wajah dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit.

5. Batasi konsumsi makanan berlemak. Seperti telur, keju, kacang, durian, kacang mete, alpukat, mangga, semua jenis susu, gorengan, santan dan daging berlemak.

Nah jika Anda melakukan hal di atas dengan baik dan teratur, pasti komedo akan hilang. Ingat, kuncinya adalah rajin dan teratur.

Related posts:

No comments yet

Leave a Reply