Tips Mengalahkan Rasa Takut

Monday, August 6th 2012. | Lifestyle

Tips Mengalahkan Rasa Takut

Rasa takut sebenarnya wajar saja jika tidak berlebihan dan mengganggu aktivitas. Namun ada kalanya seseorang meras tak bisa keluar dari rasa takut itu. Bagaimana cara menanggulanginya?

Langkah-langkah mengatasi rasa takut

  • Kenali rasa takut itu. Apakah bahayanya nyata dan benar-benar ada di depan mata, sehingga perlu diatasi dengan serius agar penyebabnya dapat dihilangkan. Atau rasa takut itu hanya berupa kecemasan yang bahayanya tidak nyata, dan hanya dating dari dalam pikiran sendiri. Namun perlu diwaspadai, kecemasan  itu bisa berakibat buruk terhadap kesehatan.
  • Alihkan perhatian. Bila rasa cemas itu muncul, tenanglah sejenak dengan menarik napas panjang dan dalam. Sediakan waktu khusus selama 10 menit untuk “mengeluarkan” segala pikiran yang mencemaskan itu. Ambil kertas atau buku catatan tuliskan semua uneg-uneg yang dicemaskan, dari yang paling menakutkan sampai yang paling sepele. Setelah itu, tutup kertas tersebut, lalu stop dan jangan dipikirkan lagi, karena sudah dicatat. Dengan demikian Anda dapat melakukan tugas lain yang lebih produktif. Beberapa hari kemudian, Anda pasti dapat merasakan apa yang semula dicemaskan itu ternyata tidak terjadi dan Anda dapat mencoret satu atau beberapa poin dari catatan Anda.
  • Cobalah membiasakan diri untuk melakukan halhal dimulai dari  yang tingkat ketakutannya paling minimal berangsur kehal yang lebih tinggi. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, mintalah bantuan pada teman atau keluarga untuk mendukung Anda. Barangkali mereka dapat menemani sementara waktu , setelah itu berangsur-angsur Anda melakukannya sendiri.
  • Tetapkan target yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan membuat target yang berlebihan.
  • Perbaiki pola makan. Makanlah makanan yang dapat memacu timbulnya hormone serotonin dalam tubuh, yaitu hormone yang membuat kita merasa tenang atau relaks, seperti buah-buahan, sayuran dan polong-polongan (kacang hijau, kacang merah, kedelai). Hindari junk food, soft drink atau makanan yang diawetkan karena akan membuat perasaan Anda tak karuan.
  • Lakukan relaksasi. Misalnya senam untuk relaksasi otot, latihan pernapasan, atau meditasi.
  • Pelajari sesuatu yang baru, untuk mengisi waktu Anda, daripada terus-menerus berkubang memikirkan hal yang mencemaskan tesebut. Ini adalah salah satu cara lain dari pengalihan perhatian yang efektif.
  • Curhat atau konseling, bila Anda merasa hal itu perlu.
  • Bersyukurlah. Setiap Anda mencoret poin yang sebelumnya terdaftar sebagai penyebab rasa cemas yang ternyata tidak terbukti, Anda perlu mensyukurinya. Anda mau memasukkan poin baru? Silahkan, dan jangan takut, karena Anda semakin tahu masalah Anda.
  • Catatlah keberhasilan Anda, dan gunakan ini sebagai tolok ukur yang dapat memotivasi Anda. Jika proses ini memakan waktu lama, Anda tetap mengambil hikmahnya dengan melihat bahwa jika sebelumnya Anda tidak dapat melakukan sesuatu, kini Anda telah mendapatkan berbagai kemajuan.

 

Related posts:

tags: , ,