Tips Membersihkan Noda Pada Keramik

Thursday, August 7th 2014. | Uncategorized

Untuk membersihkan noda pada keramik seperti keramik lantai, kamar mandi serta closet, itu merupakan hal yang lumayan sulit dan melelahkan. Apalagi bila noda tersebut adalah noda yang membandel, contohnya bekas semen yang telah kering, lumut, kerak noda kusam dan lain-lain.

Cara non alami seperti produk-produk pembersih yang beredar di pasaran memang terkadang bisa membersihkan, namun selain harga yang tidak bersahabat, zat aktifnya bisa berefek negative, antara lain bersifat korosif, melukai kulit tubuh dan gas yang dikeluarkan bisa berbahaya bagi pernafasan. Nah ini ada cara yang alami untuk membersihkan noda yang membandel pada keramik. Bahan-bahannyapun mudah dijumpai di sekitar kita.

  1. Cuka

Tips alami, aman dan pasti murah meriah untuk merontokkan noda bandel pada lapisan keramik adalah dengan bumbu dapur yaitu cuka.  Sifat cuka yang asam dapat mengubah zat-zat tertentu sehingga dapat merontokkan noda membandel pada lapisan keramik dengan sangat efektif.

Lantai Keramik

Tuangkan cuka secukupnya pada bagian lantai yang terdapat noda dan diamkan selama 5 menit, kemudian gosok dengan lap pel hingga bersih.

Kloset

Masukkan ke dalam botol spray campuran cuka dan air, lalu semprotkan merata ke seluruh perrmukaan kloset, diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain lembut atau spons. Sebagai penghilang bakteri, gunakan ciran anti bakteri atau larutan pemutih dan air lalu siram hingga bersih.

Showerhead

Masukkan campuran cuka dan air kedalam kantong plastik, kemudian  masukkan kepala shower dan ikat dengan karet sehingga kepala shower terendam dan biarkan selama kurang  lebih satu jam. Lepaskan kantong dan biarkan air mengalir perlahan. Langkah terakhir adalah lap dengan kain hingga bersih.

Bathtub

Untuk perawatan, semprot dengan campuran air dan cuka. Sedangkan untuk noda membandel dan kusam, taburkan bubuk baking soda pada noda dan diamkan beberapa saat. Lalu campurkan cuka dan gosok dengan spoons atau sikat lembut dan terakhir bilas dengan air hingga bersih.

  1. Belimbing Wuluh

Tips alammi yang lain untuk membersihkan nida pada permukaan keramik adalah dengan belimbing wuluh. Zat asamnya yang sangat tinggi dapat merontokkan noda yang sangat membandel sekalipun.

Caranya: Kupas belimbing wuluh, gosokkan pada noda, lalu diamkan kurang lebih 10 menit. Gosok dengan kain lap atau sikat plastic hingga bersih. Untuk noda pada nat keramik, gosok dengan sikat gigi, jika perlu tambahkan sabun pembersih pada sikat. Setiap 2 belimbing wuluh mampu membersihkan keramik yang berukuran 20x20cm.

Related posts: