Tips Membeli Laptop Murah, tapi Berkualitas

Thursday, April 20th 2017. | Trend

tips membeli laptop

Saat ini laptop menjadi pengganti komputer yang multifungsi. Makin tinggi spesifikasinya, semakin mahal juga harga sebuah laptop. Baik untuk pilihan baru ataupun bekas pakai, ada sejumlah tips membeli laptop yang mungkin bisa membantu Anda.
Selain melihat brand atau merek, beberapa pertimbangan krusial saat memilih laptop antara lain, ukuran layar, fitur, kecepatan, prosesor, hingga kapasitas memori. Kualitas mesin dan batere yang awet, multimedia lengkap, serta harga terjangkau, menjadi incaran.
Berikut ini enam tips membeli laptop dengan prinsip efisiensi harga dan nilai fungsional barang tersebut.
1.    Tentukan Alasan Membeli Laptop
Cara penting dalam memilih laptop adalah menyesuaikan keperluan diri sendiri. Misalnya jika sekedar menggunakannya untuk mengetik, browsing, nonton film dan mendengarkan musik, tidak perlu memikirkan laptop mahal dengan kapasitas besar. Kecuali jika pekerjaan Anda menuntut kreativitas design dan kerja multimedia lainnya.
Selain itu, perhatikan pula ukuran laptop untuk memenuhi kebutuhan Anda. Pilihlah ukuran ringan antara 11’’ sampai 13’’ jika mobilitas Anda cukup padat. Sementara jika memerlukan laptop untuk editing video dan foto serta mengedit teks, pilihlah ukuran 15’’.  Dan apabila Anda seorang pekerja kreatif yang sering berhubungan dengan aktivitas desain, pilih saja laptop berukuran 17’’.
2.    Survei Informasi Sebelum Membeli
Mungkin Anda belum mengenal dengan baik soal perangkat komputer. Supaya mendapat barang murah tapi punya kualitas baik, sebaiknya ajak seorang teman yang berpengalaman. Informasi lengkap akan sangat penting dalam mengambil keputusan. Jangan lupa melakukan survei ke beberapa toko untuk membandingkan harga serta spesifikasinya.
3.    Memilih Kualitas Brand atau Merek

tips membeli laptop2
Banyak pilihan laptop bagus yang beredar di pasaran dan terkadang ini pilihan sulit. Laptop keluaran produsen ternama memang lebih mahal, tetapi kualitasnya pun terjamin awet. Selain itu, bila terjadi masalah takkan sulit untuk mencari tempat service-nya. Pertimbangan merek ini tidak hanya berlaku untuk laptop baru saja tetapi juga yang second.
4.    Tentukan Spesifikasi dan Fungsi Laptop
Saat ini kebanyakan laptop dijual dengan paket sistem operasi Windows. Ada beberapa juga yang lebih murah namun masih “kosongan” tanpa sistem operasi dan software. Oleh karena itu, pastikan sistem komputer sudah lengkap. Hindari membeli laptop kosong jika Anda tak mau repot mengisi software di dalamnya.
Untuk itu, coba prediksi spesifikasi laptop seperti apa yang Anda inginkan. Pertama, prosesor merupakan otak terpenting dari perangkat ini. Semakin tinggi frekuensinya, makin cepat kinerjanya. Kedua, pilih memori dengan RAM yang tinggi agar transfer data lebih cepat lagi. Begitupun cermati hardisk dan VGA laptop. Ketiga, cari tahu mengena kapasitas baterai seperti berapa lamakah laptop itu bisa bertahan hidup.
5.    Perhatikan Garansi Kerusakan
Garansi merupakan faktor penting ketika kita membeli sebuah perangkat elektronik seperti ponsel dan juga laptop. Cermatlah dalam melihat ketentuan garansi agar nantinya jika laptop mengalami kerusakan, Anda tidak terlalu bingung menentukan klaimnya.
Dengan garansi yang baik maka Anda akan terhindar dari kerugian berlebih. Maka pastikan juga lokasi membeli laptop serta akses pelayanan yang mudah guna menghindari penipuan.
6.    Sekali Lagi, Pastikan Kelayakan Laptop!
Saat ingin membeli laptop baru maupun second, jangan lupa cek harga pasar dari tipe laptop tersebut. Sehingga ketika bertransaksi Anda bisa mendapatkan harga yang terbaik. Jangan lupa juga periksa bentuk fisik laptop dan kelengkapannya mulai dari casing, monitor, keyboard, untuk memastikan semua dalam keadaan baik dan tidak ada yang cacat.
Semoga tips membeli laptop ini dapat bermanfaat!

tags: ,