Tips Memasak Udang

Thursday, November 27th 2014. | Kuliner

Anda penggemar seafood? Nah tips kali ini adalah tips memasak udang. Banyak resep masakan menggunakan udang dari berbagai kebudayaan, misal: masakan jepang ataupun chinesee.

Udang kaya akan kalsium tetapi rendah energi. Buat yang berkolesterol tinggi, sebaiknya agak dikurangi menikmati udang atau seafood.

Pilihlah udang yang segar dengan cara pegang badan udang, jika badan udang masih terasa keras artinya keadaan udang masih bagus atau segar.

Saat memasak udang kulit udang bisa di kupas dulu atau tidak, itu semua tegantung selera. Tapi biasanya udang akan terasa lebih gurih bila dimasak menggunakan kulitnya. Karena di dalam kulit udang mengandung antibodi. Jadi buat yang  alergi     sama udang, lebih baik makan bersama kulitnya. Karena biasanya bisa menjadi penawarnya. Persiapan Memasak Udang:

  • Mempersiapkan udang beku

Pindahkan udang dari freezer ke kulkas biasa atau letakkan di bawah air dingin mengalir. Jangan gunakan air panas atau dibiarkan di suhu ruangan. Sekali udang sudah tidak beku, jangan pernah dibekukan kembali. Masak udang ketika masih sedikit dingin.

  • Mengupas Udang

Pegang buntutnya dan pelan-pelan kupas kulitnya. Buntut bisa di buang atau dibiarkan untuk lebih terlihat cantik ketika penyajian.

  • Membersihkan Udang

Setelah dikupas, toreh punggung udang jangan terlalu dalam, anda akan melihat seperti pita / tali hitam. Ambil tali hitam ini dengan pinset atau ujung garpu yang runcing. Cuci udang di bawah aliran air.

  • Membuat Model Kupu-Kupu

Jangan buang buntut udang. Kupas kulit utamanya saja. Mulailah dengan memotong punggung udang dari bagian buntut ke arah kepala dengan potongan kecil berkali-kali, sisakan sedikit daging bagian bawah agar kedua sisi udang tetap bersatu.

  • Udang Segar

Udang dapat dikonsumsi hanya dalam jangka waktu beberapa hari sejak ditangkap. Masukkan dalam freezer untuk menyimpan.

Tips Memasak Udang

  • Udang Panggang

Letakkan udang di alas pemotong dengan kaki udang menghadap keluar. Gunakan pisau yang tajam untuk membelah udang di antara dua sisi kaki sampai menyentuh kulit. Buka udang sampai rata dan cuci di air mengalir. Beri bumbu dan panggang selama 4-5 menit. Oleskan bumbu selagi memanggang agar tidak ada pinggiran yang gosong.

  • Udang Rebus

Didihkan air. Masukkan udang, godok sampai 4 menit. Jangan tunggu sampai air mendidih lagi. Dengan demikian, kulit udang tidak akan menempel pada daging udang.

  • Udang Goreng

Pastikan udang tidak beku. Keringkan udang dengan menggunakan kertas tissue. Gunakan 1/4 sendok teh minyak zaitun dan bumbu yang diinginkan. Masak selama 3-5 menit. Jangan terlalu lama.
Untuk menggoreng udang dengan banyak minyak (deep frying), celupkan udang ke dalam susu dan beri tepung sedikit. Masak dengan minyak sayur dengan panas medium sampai berwarna coklat keemasan.

 

Related posts:

tags: , ,