Tips Kesehatan Gigi

Wednesday, August 21st 2013. | Kesehatan

Gigi sehat , bersih , kuat dan sehat adalah hal penting yang kita harapkan. Memiliki gigi yang sehat bersih dan kuat memang dapat membuat senyum kita lebih cling dan enak diliat, seperti iklan pasta gigi ya… Tapi bagaimana cara menjaga kesehatan gigi kita tetap sehat? Berikut beberapa tips kesehatan gigi yang baik dan benar:

1. Menyikat Gigi
Sikatlah gigi minimal 2x sehari sebab bisa  membuat gigi dan mulut akan terasa bersih, kuat dan sehat. Menyikat gigi terlalu sering juga tidak baik karena lapisan email pada gigi apabila sering di sikat dapat menipis. Waktu terbaik adalah setelah sarapan dan sebelum tidur.

2. Menyikat Gigi Dengan Cara Yang Benar
Sikatlah gigi dengan gerakan atas-bawah dan membersihkan bagian dalam dan permukaan gigi. Jangan lupa ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan.

3. Konsumsi Makanan Yang Sehat Untuk Gigi
Makanan sehat untuk gigi seperti kacang kacangan , biji-bijian , sayur-sayuran , buah dan susu. Hindari makan makan akan kaya gula karena dapat mengikis lapisan email gigi. Makan makanan manis yang akan gula juga dapat menyebabkan bau mulut.

4. Jangan Merokok
Merokok memang sangat berbayhaya bagi kesehatan , termasuk juga bagi kesehatan gigi. Rokok bisa membuat gigi bernoda dan juga bisa menginfeksi gigi. Kandungan yang terdapat pada rokok juga bisa memicu terjadinya kanker mulut.

5. Membatasi Penggunaan Fluoride
Fluoride adalah zat / bahan kimia berbahaya yang di gunakan dalam beberapa pasta gigi. Kandungan Fluoride pada pasta gigi memang membuat email gigi menjadi kuat dan sehat , namun apabila dalam memakai pasta gigi yang mengandung fluoride secara berlebihan dapat menyebabkan bintik-bintik  putih pada gigi.

6. Perawatan Gigi Pada Anak Kecil
Perawatan dan menyikat gigi harus di mulai sejak kecil agar di hari esok sudah menjadi kebiasaan. Pertama anak yang muncul giginya cobalah untuk membersihkan giginya dengan kain yang bersih da lembab.Dan kalau usianya  sudah mencapai 2 tahun ajarilah mereka cara menyikat gigi yang benar dengan pengawasan serta jangan memilih pasta gigi yang memiliki kandungan Fluoride yang besar.

Related posts:

tags: , , , ,