Tips Gizi seimbang Saat Puasa

Sunday, June 29th 2014. | Kesehatan

Nutrisi adalah hal terpenting yang diperlukan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Di hari biasa kita biasanya mendapatkannya 3-5 kali, tergantung seberapa sering kita makan. Tapi saat berpuasa secara otomatis kita mengurangi asupanya menjadi 2-3 kali, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Ini secara langsung akan mempengaruhi kerja tubuh kita. Untuk itu diperlukan suatu cara agar tubuh kita tetap mendapatkan nutrisi meskipun kita sedang menjalankan puasa. Caranya?….Cara terbaik adalah memilih jenis makanan yang kita makan saat sahur ataupun berbuka. Tips gizi seimbang¬† dan yang harus dipertimbangkan adalah makanan yang kita makan harus memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, air, protein, karbonhidrat dan lemak baik.

Pilih Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Karena kaya akan vitamin dan mineral. Buah dan sayur juga mengandung vitamin A (betakarotin), C, Magnesium, Zinc, Fosfor sampai asam folat. Seratnya banyak, buah dan sayuran juga rendah lemak, minim garam, sedikit gula dan sumber yang bagus untuk mendapatkan serat alami. Makan banyak sayur dan buah akan mengurangi obesitas, menurunkan cholesterol, menstabilkan tekanan darah dan melindungi dari ancaman kanker.

Pilih Karbonhidrat Kompleks

Jangan lupa memasukkan ke dalam daftar menu makanan yang mengandung karbonhidrat.

Ingat Protein

Memasukkan makanan yang mengandung protein ke dalam menu puasa, terutama saat sahur, karena termasuk jenis makanan yang dicerna perlahan dan konstan. Ketika kita mengkonsumsi protein tubuh memecahnya menjadi asam amino. Asam amino di perlukan untuk pembentukan otot dan darah. Protein juga membantu tubuh memelihara pembentukan otot dan darah. Protein juga membantu tubuh memelihara kesehatan otot, kulit, rambut, kuku dan membangun jarngan tulang rawan. Karena tubuh tidak bisa menyimpan protein, maka kita harus mengupayakannya untuk mengkonsumsinya setiap hari. Sumber protein yang baik adalah mengkonsumsi dada ayam, ikan, putih telur, produk susu (susu, keju, yoghurt), kacang-kacangan.

Jangan Lupa Minum Air Putih

Air merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sekitar 70% tubuh manusia dewasa mengandung air. Fungsi air dalam tubuh diantaranya adalah sebagai pembantu mengalirnya darah, keluarnya asam dipencernaan, mengaktifkan sekresi ruang ada di dalam tubuh, dan melarutkan makanan tanpa membuat berkembangnya di dalam usus. Karena pentingnya air ini, disarankan untuk mengkonsumsi air secukupnya. Sebagai saran 2 gelas saat sahur dan 2 gelas saat buka.

 

Related posts: