Tips Alami Mengatasi Keputihan

Monday, November 17th 2014. | Kesehatan

Salah satu keluhan yang kadang dialami wanita adalah keputihan. Keputihan dapat saja terjadi pada saat ia mengalami menstruasi. Keputihan bisa disebabakan oleh berbagai macam hal, seperti bakteri, penggunaan tampon (pembalut) saat haid/nifas dan lain sebagainya.

Ciri keputihan adalah keluarnya cairan (bukan darah haid) dan biasanya diiringi dengan rasa gatal, bengkaka didaerah vagina, dan bau tak sedap. Kondisi ini tentu saja menganggu penderitanya, bahkan tidak jarang menurunkan rasa percaya diri si penderita.

Apabila keputihan yang dialami masih tergolong normal, yaitu jumlah cairan yang keluar tidak berlebihan, tidak ada rasa sakit, dan warna cairan tidak kuning hingga kehijauan maka kita dapat mengatasinya dengan cara alami. Salah satu cara atau resep yang dilakukan wanita dalam mengatasi keputihan sejak zaman dulu adalah dengan memanfaatkan daun sirih dan asam. Nah…ini adalah tips alami mengatasi keputihan dan berikut adalah cara membuatnya:

  1. Rebus 7-10 helai daun sirih bersama air sebanyak 2 liter. Campurkan satu atau dua buah asam gelugur atau satu ibu jari asam jawa.
  2. Rebus hingga mendidih. Kemudian angkat dan saringlah airnya.
  3. Gunakan air rebusan selagi hangat untuk membersihkandaerah vagina. Lalukan hal tersebut 2-3X sehari.

Simple kan tips alami mengatasi keputihan akan tetapi, jika keputihan tidak normal, apalagi diiringi rasa sakit dan sebagainya, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan, atau dokter kulit dan kelamin hingga penanganannya lebih tepat.

Related posts:

tags: , , ,