Menu Diet Sehat

Monday, August 11th 2014. | Kesehatan

Menu diet sehat yang ideal? Ya memang habis lebaran jadi makan apa aja di makan ya, makannya banyak peningkatan….hmmm peningkatan berat badan. Makanya yook, intip menu diet sehat yang ideal kali ini.

  • Tambahkan buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan dasar dari diet sehat alami. Mereka adalah diet sehat rendah kalori dan tinggi nutrisi, yang merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Buah-buahan dan sayuran harus menjadi bagian dari setiap makanan dan pilihan pertama, untuk tujuan camilan minimal lima porsi setiap hari.

  • Lebih banyak makan sumber serat dan biji-bijian

Menambahkan sumber serat dan biji-bijian terutama keseluruhan bagian dari makanan sehari-hari akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain menjadi lezat dan memuaskan, biji-bijian kaya akan antioksidan dan rendah kalori. Mereka membantu melindungi terhadap penyakit jantung coroner, kanker dan diabetes.

  • Asupan protein cukup

Kurangnya protein dalam makanan kita dapat mengurangi massa otot, kekebalan rendah, dan melemahkan system jantung dan pernapasan. Protein sangant penting bagi anak-anak, untuk merangsang pertumbuhhannya, seperti ikan segar, ayam, tahu, telur, kacang-kacangan atau kacang.

  • Tambahkan kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk tulang kuat dan sehat. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium yang optimal dalam usus kecil. Tingkat kalsium yang direkomendasikan adalah 100 mg per hari, 1200 mg jika usia> 50 thn.Yang termasuk sumber besar kalsium adalah produk susu, yang diperkayaa dengan vitamin D, sayuran berdaun, dan kacang-kacangan yang termasuk kacang polong.

  • Batasi gula dan biji-bijian olahan

Gula merupakan bahan makanan tinggi energy yang menyebabkan masalah kesehatan seperti radang sendi, diabetes, osteoporosis, sakit kepala dan depresi. Cara mengatasinya adalah:

– Berikan menu perubahan dengan memberikan sedikit gula
– Hindari minuman manis. Cobalah air mineral dengan lemon atau jus buah.
– Menghindari makanan olahan, dan yang terbuat dari tepung terigu dan gula.

  • Hindari garam berlebihan

Konsumsi terlalu banyak garam dalam makanan kita bisa diatasi dengan:

– Batasi natrium menjadi 2300mg perhari, setara dengan satu sendok garam. Kebanyakan dari kita mengkonsumsi jauh lebih dari satu sendok the garam perhari.
– Hindari makanan yang diproses, dikemas, restoran dan makanan cepat saji.

Related posts: