Menjaga Kesehatan Lambung

Monday, May 5th 2014. | Kesehatan

Lambung adalah salah satu organ yang penting maka kita harus menjaga kesehatannya . Sebab jika tidak, lambung akan mengalami berbagai masalah dan tidak dapat berfungsi maksimal. Beberapa problematika yang kerap kali terjadi pada lambung diantaranya adalah Penyakit Maag , Infeksi Lambung , Radang Lambung , Pendarahan Lambung dan juga GERD . Penyakit maag adalah rasa nyeri pada lambung yang diakibatkan oleh peningkatan asam lambung . Salah satu hal yang membuat Penyakit maag tidak bisa dianggap sepele yaitu penyakit ini bisa menjalar dan menyebabkan penyakit liver .

Lambung merupakan organ tubuh yang rentan terserang penyakit, terutama (mag). Untuk itu mari kita selalu menjaga Kesehatan Lambung agar selalu sehat, terutama membiasakan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit Mag sehingga kesehatan kita tetap selalu terjaga.berikut Liputan terbaru tentang kesehatan kita.

Tips-tips Menjaga Kesehatan Lambung Kita
Supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang menyerang organ Lambung, sebaiknya kita menjalani beberapa Tips Menjaga Kesehatan Lambung berikut ini :

  • Kurangi mengkonsumsi makanan pedas dan asam

Pada saat ada makanan yang masuk ke dalam organ lambung kita, maka secara natural lambung akan mengeluarkan HCl (Asam Chlorida). Namun apabila mengonsumsi berbagai makanan pedas atau asam dapat membuat lambung menyekresikan asam HCl yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan lambung akan terasa perih atau terkena maag . Oleh sebab itu sebaiknya mengurangi konsumsi makanan pedas dan asam .

  • Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Efek yang ditimbulkan karbonasi pada minuman bersoda dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada lambung (tubuh) dan memicu refluks yaitu naiknya kembali makanan yang berada di lambung ke kerongkongan .

  • ¬†Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi serat dapat menurunkan resiko terkena penyakit tukak pada lambung. Serat yang banyak berasal dari sayur mayur dan buah-buahan dapat membantu menyembuhkan tukak pada lambung . Namun tetap tetap menjaga tubuh dari konsumsi buah dan sayuran yang asam .

  • Kunyah makanan lebih lama

Cara mengunyah makanan ternyata dapat mempengaruhi kesehatan organ lambung kita. Sangat disarankan makanan dikunyah sebanyak 33 kali sebelum kemudian ditelan. Makanan yang tidak mengalami kunyahan yang sangat halus dapat menyebabkan gangguan pada lambung karena meningkatnya asam lambung karena makanan tidak dinetralkan oleh saliva (air liur) .

  • Atur pola makan secara teratur (puasa)

Meskipun ditengah aktivitas yang padat serta super sibuk, tetap berusaha untuk selalu mengatur pola makan secara teratur tiap hari. Karena, pada saat makanan masuk ke dalam organ lambung, maka otomatis organ lambung akan memproduksi cairan asam. Secara alamiah pada saat waktu makan telah tiba , maka lambung akan memproduksi asam lambung . Jika tidak ada makanan yang masuk saat itu dapat menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding-dinding lambung yang berakibat lambung terasa perih. Akan tetapi, ketika anda menjalani kegiatan berpuasa maka secara otomatis pola makan akan teratur yaitu anda memasukan makanan hanya ketika sahur dan berbuka.

Related posts: