Menikmati Pecel Imogiri dan Wedang Uwuh

Thursday, March 6th 2014. | Wisata

Hari minggu kami sekeluarga memang punya rencana mau kuliner. Pilihannya yaitu kuliner di arena parkir makam raja-raja di Imogiri Bantul. Dari yogja menyusuri jalanan imogiri yang masih bisa dijumpai areal pesawahan, juga jalanan yang padat dipenuhi pejalan kaki atau bersepeda, menikmati minggu pagi yang lumayan cerah. Iya udara yang sebelumnya berhenti nyaman karena berterbangan abu gunung kelud.

Sampai di lokasi ternyata sudah duluan banyak yang udah sarapan, yah ….setelah pada bersepeda atau pun jalan-jalan. Suasana tempat kuliner ini menyajikan makanan khas bantul, yaitu pecel imogiri dan wedang uwuh. Nah ini bed di anya pecel imogiri dengan pecel lainnya…diatasnya ada daun turi…hmmm nikmat khas. Gak Cuma itu masih ada menu lain dan banyak pilihannya, diantaranya mie lethek khas bantul. Pokoknya sarapan pagi disana ditanggung deh jadi lain, suasana di pedesaan juga udara yang sejuk menambah nikmat deh.

Selesai kulineran nih, masih ada pilihan….mau naik ke bukit atau mau nglanjutin petualangan keliling jogja, memang banyak banget tempat yang ga bisa dilupakan di jogja tu. Saya memilih buat naik ke anak tangga yang jumlahnya ratusan untuk ziarah ke makam raja. Wah untung saja tadi perut sudah diisi jadi punya tenaga yang cukup buat naik tangga. Sejujurnya nih walau tinggal di yogja, baru kali ini sempet mau ziarah.

Setelah sampai diatas disambut oleh beberapa abdi dalem yang dengan tulus mengabdi. Ternyata untuk bisa masuk di area makam kita harus memakai pakaian adat jawa yaitu sorjan buat pria dan kemben buat wanita, dengan tarif sewa 6000. Setelah acara ziarah selesai, saya turun melewati anak tangga, karena ga pernah jalan gini ya jadi kaki koq terasa capek. Di jalan menuju turun banyak yang menjual wedang uwuh yang sudah dalam kemasan, bisa buat oleh-oleh nih.

Wedang uwuh khas bantul mempunyai khasiat bisa menghangatkan tubuh dan ngilangin capek-capek. Dibuat dari jahe, secang dan daun-daunan dan gula batu sebagai pemanis. Bisa di coba nih wisata kuliner kesini.

Related posts:

tags: , ,