Makanan Untuk Berbuka Puasa

Thursday, July 19th 2012. | Kesehatan, Kuliner

Berbuka Puasa Dengan Gizi Seimbang

 

Nikmatnya melepas lapar dan dahaga dengan hidangan lezat dan minuman segar saat tiba waktu berbuka puasa. Namun perlu diingat, jangan sampai yang itu-itu saja yang dikonsumsi. Tubuh juga membutuhkan keseimbangan asupan gizi. Makanan untuk berbuka puasa harus mengandung gizi seimbang.

 

Seimbang dalam 4 Prinsip

Kini PGS (Pedoman Gizi Seimbang) menjadi pedoman kita semua dalam menyusun pola makan sehat sehari-hari. Berbeda dengan konsep empat sehat lima sempurna yang menyamaratakan kebutuhna gizi untuk siapa saja, PGS menitik beratkan pola gizi berdasarkan usia, jenis kelamin, kesehatan dan aktivitas fisik.

 

Terutama untuk anak-anak yang lebih banyak bergerak dan bermain, semakin tinggi aktivitas fisik yang dilakukannya, sudah tentu kebutuhan gizinya lebih tinggi. Oleh karena itu, ada 4 prinsip utama yang perlu diperhatikan, yakni: variasi makanan, pola hidup bersih, pola hidup aktif dan olah raga, serta pamantauan berat badan ideal.

 

Komposisinya

Ada kalanya kita menyantap makanan yang mengandung lemak tinggi, yang kurang baik bagi kesehatan kita: bersantan kental, daging berlemak, atau jeroan. Menerapkan pola gizi seimbang berarti mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa dalam komposisi nutrisi yang tepat, seperti berikut ini.

  • Karbonhidrat antara lain nasi, roti, sereal, kentang, mie. Jangan menganggap kentang atau mie sebagai teman lauk nasi.
  • Vitamin dan Mineral dari buah dan sayur, bisa diolah dalam bentuk jus atau dimakan segar.
  • Protein dari ikan, daging, susu atau produk olahannya (yogurt dan keju) dan kacang-kacangan.
  • Lemak. Pilih lemak yang baik untuk tubuh, terutama yang mengandung omega 3 dan 6 untuk mendukung pertumbuhan anak.

 

Tak ada salahnya sebagai santapan berbuka puasa kali ini Anda membuat sajian khusus  untuk anak-anak lalu melengkapinya dengan olesan mentega . Selamat berbuka puasa!

Related posts:

tags: , , ,