Kandungan Parfum

Sunday, February 23rd 2014. | Kesehatan

Parfum. Iya siapa sih yang ga kenal parfum…walau gak mandi bawaanya PD aja kalau udah pakai parfum…semprot sana, semprot sini. Eh tahu enggak kalau parfum itu bisa bikin polusi, jadi bukan becak motor aja yang bisa bikin polusi. Polusi udara ini dikenal sebagai polusi parfum. Hal ini erdasarkan hasil penelitian seorang ahli gizi dan naturopati, Michelle Schoffo Cook.

Kandungan Parfum Berbabaya

Dari hasil penelitian tersebut, tidak sedikit orang yang mengalami gangguan pernafasan dan asma, atau menjadi lelah yang berlebihan yang disebabkan karena terpapar wewangian parfum yang bertahan diudara meski sudah disemprotkan terlalu lama. Menurutnya, ada 500 lebih bahan kimia berbahaya yang menjadi dasar pembuatan wewangianpada parfum. Kebanyakan berasal dari bahan kimia sintetis yang diperoleh dari bahan petrokimia, dan telah terbukti mengandung neurotoxin(racun yang bisa merusak pembuluh darah atau syaraf otak).

Terdapat juga bahan yang dianggap sebagai penyebab kanker (karsinogen). Wah…penelitian ini tentu sangat mengejutkan karena wanita ataupun pria pasti pernah memakai parfum. Ternyata terdapat banyak bahan kimianya ya, jadi resikonya ga kalah dong sama asap rokok L.

Sampai ke Otak

Kalau kita mencium parfum, itu karena molekul bahan sintetis yang beracun masuk melalui saluran pernafasan dan menuju otak. Ini berbahaya, meskipun tidak mencium aromanya tapi yang dihirup adalah bahan kimia paparan parfum. Otak bisa terganggu oleh aroma parfum ini. Sebenarnya otak dilindungi oleh mekanisme yang tidak bisa ditembus zat berbahaya. Sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya bisa melindungi otak. Penelitian baru-baru ini menunjukkan system ini dapat membiarkan sejumlah racun lingkungan, termasuk juga yang terkandung dalam parfum yang dapat masuk ke otak.

Solusinya?

Paling nggak sih untuk menyeimbangkan racun yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh, sebaiknya lindungi tubuh dengan asupan makanan yang mengandung antioxidant tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan. Alternatif lain parfum? Coba aja deh wangi dari kayu manis (cinnamomum burmanni blume) dapat dijadikan pilihan parfum herbal yng sehat tanpa efek samping sebagaimana yang terdapat pada kandungan parfum yaitu bahan-bahan kimia.

Related posts:

tags: , ,