Dampak Dehidrasi

Tuesday, July 10th 2012. | Kesehatan

DEHIDRASI….? Jangan Sampe dech

 

 

Memang sih, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Namun secara umum, tubuh orang dewasa membutuhkan asupan air sekitar 8 gelas perhari.

Jika ditengah kesibukan bekerja tiba-tiba konsentrasi Anda menurun, lalu diikuti perubahan suasana hati (mood) sehingga cenderung emosional, boleh jadi anda sedang mengalami gejala dehidrasi. Jangan sampai kondisi ini terus berlarut karena dehidrasi yang semakin berat akan menimbulkan dampak dehidrasi yang fatal.

 

Wanita lebih rentan

Dehidrasi merupakan gangguan keseimbangan cairan akibat pengeluaran cairan yang lebih banyak dari tubuh dibanding asupannya. Biasanya disertai dengan hilangnya zat elektrolit. Dehidrasi ringan bisa ditandai lewat kondisi mulut yang kering dan lengket, sakit kepala, mata kering dan lengket serta melemahnya otot. Menurut penelitian terkini, wanita ternyata lebih rentan mengalami dehidrasi dari pada pria. Masalahnya, cairan berkurang 1,3% saja sudah bisa membuat penderitanya mengalami gangguan kongnitif dan suasana hati. Sedangkan bagi kaum pria, angguan dehidrasi ringan baru terjadi saat tubuh  kekurangan cairan sebaanyak 1,5%. Wanita lebih mudah terserang dehidrasi disebabkan komposisi lemak dalalm tubuhnya tinggi, komponen air yang lebih rendah, dan juga factor hormonal. Apalagi bagi para ibu hamil dan menyusui yang harus “membagi” cairan tubuhnya kepada janin ataau si kecil.

 

Jangan tunggu sampai haus!

Padatnya aktivitas bukan alasan untuk lupa mengganti cairan tubuh yang hilang. Siapkan selalu air putih dalam wadah praktis di tempat Anda beraktivitas seperti saat berolahraga, bekerja, berpergian, bermain dengan si kecil, atau dalam kondisi cuaca panas yang berpotensi  menguras cairan tubuh.

Related posts:

tags: , ,