Cara Merawat Kesehatan Mata

Tuesday, September 10th 2013. | Kesehatan

Mata menjadi organ yang penting bagi manusia. Mata merupakan jendela bagi kita untuk melihat indahnya dunia. Tetapi terkadang kita merawat mata dengan cara yang kurang benar, bahkan, tak sedikit yang mengabaikan kesehatannya.

Untuk merawat dan menjaga kesehatan mata, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Ada beberapa cara merawat kesehatan mata:

1. Makanan sehat untuk mata
Makanan memberi pengaruh besar pada kesehatan tubuh, termasuk mata. Makanan yang mengandung asam lemak omega tiga, lutein, zink, dan vitamin A, C, dan E mampu membantu memperjelas penglihatan dan mengurangi masalah mata akibat penuaan, degenerasi makula, dan katarak.

2. Hati-hati ketika menggunakan komputer
Sebagian orang sering mengalami Computer Vision Syndrome, yaitu kondisi sementara yang disebabkan penggunaan komputer dalam waktu lama. Gejalanya berupa lelah mata, sakit kepala, penglihatan tak jelas, mata kering, susah melihat fokus pada jarak tertentu, sakit pada leher, punggung, dan bahu.

Sebaiknya, ketika menggunakan komputer dalam waktu lama, pastikan ketajaman layar membuat mata Anda nyaman atau gunakan kaca anti silau pada layar komputer. Selain itu, banyak minum dan berkedip untuk mencegah kekeringan pada mata.

Sempatkan beristirahat setiap dua jam dan palingkan mata dari komputer selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Pastikan jarak mata dan layar komputer sesuai dengan anjuran.

3. Gunakan kacamata
Untuk melindungi mata dari sinar UV ketika berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata yang mampu menangkal 99 persen sinar UVA dan UVB karena sinar tersebut meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

4. Berhenti merokok
Studi menunjukkan, merokok dapat meningkatkan risiko degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik.

5. Jangan gunakan alat make up yang sudah lama
Pastikan Anda membuang semua alat make up yang sudah berusia lebih dari enam bulan. Gunakan kuas rias khusus dan jangan gunakan kuas yang sama dengan teman karena bisa menyebabkan infeksi.

6. Rutin periksa mata
Kunjungi dokter mata secara rutin untuk mengetahui kondisi mata dan mendeteksi kemungkinan penyakit pada mata.

Related posts:

tags: , ,