Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Friday, September 4th 2015. | Kesehatan

lung infectionSalah satu organ dalam yang berperan penting untuk pernafasan tidak lain adalah Paru-paru. Jika ada masalah dalam paru – paru ataupun gangguan, tentu sistem pernafasan juga akan terganggu. Jantung pun juga akan bereaksi dengan bekerja lebih keras lagi. Jika tidak segera ditangani, gangguan pada paru – paru juga akan menyebabkan kematian. Hal itu bisa terjadi karena mengabaikan kesehatan paru – paru. Nah …sangat perlu untuk mengetahui cara menjaga kesehatan paru-paru…

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Perlu dipahami tentang cara menjaga kesehatan paru – paru yang benar. Di bawah ini ada beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa diterapkan dirumah…

  • Hindari Rokok

Cara pertama untuk menjaga kesehatan paru – paru adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Nah loh…siapa yang masih merasa sulit menghindarinya… Rokok adalah benda yang mengandung zat beracun seperti nikotin. Oleh karena itu, demi menjauhkan racun nikotin dari tubuh sebaiknya mulailah mengurangi dan menghilangkan kebiasaan merokok.

  • Hindari Polusi Udara

Usahakan udara yang dihirup adalah udara segar yang belum bercampur polusi. Bagi yang rumahnya di kota, mungkin udara segar akan sangat sulit didapatkan. Maka dari itu sebaiknya tanamlah beberapa pohon di depan rumah agar udara di lingkungan rumah anda tetap selalu terjaga kesehatannya. Selain itu, jangan lupa untuk memakai masker saat melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Dengan masker, anda akan menghindari polusi udara yang juga akan menyebabkan sistem pernafasan menjadi terganti.

  • Olahraga Rutin

olah raga-cara menjaga kesehatan paru-paruHal berikutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru – paru adalah dengan rutin berolahraga setiap hari. Olahraga akan membuat paru – paru menjadi sehat karena pernafasan kita akan tertata ketika rutin berolahraga. Olahraga yang disarankan adalah renang, berlari dan berjalan.Mulailah untuk rutin melakukan olah raga tersebut. Anda akan terbebas dari penyakit paru – paru yang dapat mengancam keselamatan jiwa.

  • Hindari Stres

Stress umumnya adalah karena faktor kelelahan menghadapi masalah yang membuat merasa tertekan. Nah, demi menjaga kesehatan paru – paru, buatlah pikiran menjadi selalu tenang dan nyaman. Usahakan untuk selalu menanggapi masalah dengan pikiran yang tenang dan santai juga rileks. Dengan begitu, kesehatan paru – paru akan lebih sehat.

  • Bernafas Melalui Hidung

Ya, bernafaslah melalui hidung, hal itu akan menjaga paru-paru tetap sehat. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena dengan melalui hidung, udara yang hendak memasuki paru – paru akan disaring dahulu menggunakan bulu hidung.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan paru – paru. Dengan membaca tips di atas, mengertilah bahwa menjaga itu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Related posts:

tags: