Cara Menghindari Ngemil Di Malam Hari

Tuesday, January 29th 2013. | Kecantikan, Kesehatan

Makan di malam hari jadi pantangan bagi yang berdiet. Namun justru kebiasaan ini paling sulit dihindari. Rasa lapar dan keinginan untuk ngemil malah jadi ancaman. Diet mati-matian pun jadi tak kelihatan hasilnya.

 

Cara menghindari ngemil? Coba cara yang ini ya…

  • Makan Teratur

Biasakan makan dalam porsi cukup dan teratur. Makan 4 hingga 5 menu dalam porsi kecil tiap hari tak hanya menjaga kesehatan metabolisme, namun juga baik untuk tingkat gula darah. Makan sedikit,sering dan teratur juga bisa meminimalisir rasa lapar dan keinginan ngemil.

 

  • Jauhi Makanan Tak Sehat

Sebisa mungkin hindari menu dan camilan tak sehat dirumah maupun kantor. Seringkali

makanan yang tampak didepan mata membuat seseorang gampang terpancing untuk memakannya. Apalagi jika yang tersedia adalah camilan tinggi garam atau gula, seperti

gorengan dan kue.

 

  • Hindari Stress

Salah satu penyebab makan lebih banyak adalah kondisi psikologis seseorang. Emosi bisa mempengaruhi keinginan makan seseorang. Maka lepaskan diri dari rasa stress yang berlebihan dengan melakukan meditasi ataupun olahraga.

 

  • Minum Segelas Air

Jika rasa lapar ataupun keinginan ngemil datang, minum segelas air bisa membuat perut terasa penuh.

 

  • Lekas sikat gigi

Trik ini dirasa ampuh oleh banyak orang. Alasannya karena mengunyah makanan usai sikat gigi memberikan rasa tak enak dalam mulut karena masih menyisakan aroma dan rasa pasta gigi.Tak cuma itu,jika sudah sikat gigi, tentu rasanya malas jika harus sikat gigi kembali sehabis ngemil.

 

  • Menyibukkan Diri

Sebisa mungkin, jangan biarkan tangan Anda menganggur. Mencari sesuatu diinternet, bermain game, menjahit, menulis, dll. Saat melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi, biasanya keinginan makan bisa berkurang.

 

  • Rubah Kebiasaan

Jika terbiasa makan ataupun ngemil didepan TV, coba rubah kebiasaan tersebut. Ganti dengan melakukan olahraga kecil didepan TV ataupun berjalan-jalan selama 10 menit aja disekitar rumah. Hal ini bisa mengalihkan pikiran dari keinginan ngemil.

 

  • Cepat Tidur

Kalau cara diatas tak juga ampuh mengalihkan pikiran dari makanan, cara terakhir adalah dengan cepat tidur biar pikiran mengenai makanan bisa dihilangkan.Tidur yang cukup juga menjadi faktor yang mendukung tubuh agar lebih rileks dan nyaman.

Related posts:

tags: , , ,