Cara Menghilangkan Tumo (kutu rambut)

Saturday, September 20th 2014. | Kesehatan

Cara Menghilangkan Tumo (Kutu Rambut)

Cara Menghilangkan Tumo (Kutu Rambut) ataupun Membasmi kutu rambut dan telur-telurnyanya secara alami merupakan salah satu cara cepat menghilangkan kutu di kepala yang bisa dicoba. Sebaiknya selalu memperhatikan setiap benda yang berhubungan dengan kepala seperti topi, handuk, sisir, bantal, dan lain sebagainya. Karena benda-benda tersebut menjadi media penghantar kutu ke rambut.

Tumo (Kutu rambut) sendiri merupakan parasit penghisap darah yang tidak pandang bulu, siapapun bisa diserangnya. Dan ternyata setiap kutu betina bisa menghasilkan telur sebanyak enam butir dalam sehari, dan akan menetas setelah kurang lebih 8 hari. Bayangkan saja jika ada banyak kutu betina di kepala Anda.

Telur kutu menyerupai ketombe, namun bedanya yakni telur kutu lebih susah dihilangkan karena melekat dengan kuat pada rambut. Cara cepat membasminya dengan obat (shampoo) kutu rambut yang bisa beli di apotek.

Selain menggunakan shampoo khusus tersebut juga bisa dicoba beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang akan saya berikan kali ini. Beberapa bahan herbal yang sudah terbukti dapat membasmi kutu dengan cepat yakni bawang merah, minyak kelapa, jeruk nipis, dan beberapa bahan lainnya. Gampang didapat kan bahannya? Mau tahu caranya?

Cara Menghilangkan Tumo (kutu rambut)

1. Menggunakan bawang merah
Cara pertama yang dapat anda coba yakni dengan menggunakan bawang merah. Adapun caranya yakni dengan membalurkan bawang merah yang sudah dihaluskan pada kulit kepala, lakukan juga pemijatan secara perlahan. Setidaknya 5 siung bawang merah. Setelah itu diamkan selama 1-1,5 jam lalu bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampoo.

2. Jeruk nipis dan minyak kayu putih
Langkah pertama yakni campurkan air perasan jeruk nipis secukupnya dengan 4 sendok makan minyak kayu putih. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kepala serta rambut. Diamkan selama 2 jam, langkah terakhit yakni keramaslah dengan shampoo agar rambut bersih.

3. Minyak kelapa
Balurkan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala serta rambut, setelah itu tutuplah rambut menggunakan shower-cap atau plastik topi mandi. Diamkan selama 6 jam setelah itu baru keramas menggunakan shampoo seperti biasa.

4. Cuka putih
Telur kutu rambut dapat dilepaskan dengan mudah menggunakan cuka putih. Selain itu bahan alami yang satu ini juga mampu menggagalkan penetasan. Cara menggunakannya cukup membalurkan cuka putih secukupnya pada kulit kepala serta rambut. Setelah itu diamkan selama 2 jam dan keramaslah untuk membersihkan rambut.

5. Sisir serit atau sisir bergigi rapat (suri)
Sisir ini merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutu serta telurnya.  Namun sebelum dan sesudah menggunakannya pastikan dalam keadaan bersih, jangan sampai ada kutu yang tertinggal di sisir tersebut.

Tips agar terhindar dari kutu rambut

  •     Jangan tidur dengan orang yang positif mempunyai kutu rambut karena kutu tersebut dapat berpindah ke rambut anda.
  •     Jika ada keluarga maupun teman yang merasa gatal dan rambutnya terdapat butiran putih segera periksa, bisa jadi itu telur kutu. Segera lakukan beberapa cara diatas untuk membasminya.
  •     Cobalah untuk tidak berbagi benda yang berkaitan dengan rambut seperti sisir, jilbab, topi, handuk, dan benda lainnya. Karena kutu rambut dapat dengan mudah berpindah ke kepala anda melalui benda tersebut.

Selalu rawat kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut Anda. Nah itu tadi tips cara menghilangkan kutu rambut. Jika punya masalah seperti di atas, tidak ada salahnya mencaoba.

Related posts: