Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Sunday, September 21st 2014. | Kesehatan

 Bakteri pada mulut yang menumpuk bisa berkembang biak dan berkumpul menjadi satu koloni, inilah yang menyebabkan pembentukan plak pada permukaan gigi. Karbohidrat yang bercampur dengan plak akan membentuk asam dan menyebabkan gigi menjadi berkarang.

Selain itu, apakah pernah terpikirkan tentang hubungan jantung dengan gigi? Mungkin anda berpendapat bahwa kedua hal tersebut tidak berhubungan, namun ternyata gigi berlubang dapat pula menyebabkan penyakit jantung. Mengapa? Apabila gigi berlubang tidak dirawat, maka bakteri dapat memasuki pembuluh darah lewat gigi tersebut, infeksi pun dapat terjadi pada organ tubuh yang lain.

Dan ternyata dampak penyakit gigi begitu luas kan? Padahal cara mencegahnya sangat mudah. Memang cara merawat gigi sering dianggap remeh. Oleh karena itu berikut kami sajikan cara menghilangkan plak pada gigi agar terhindar dari penyakit:

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Sikatlah gigi yang teratur
Cara pertama yang paling mendasar ialah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, lebih baik setelah sarapan dan sebelum tidur. Apabila memungkinkan, anda dapat menyikat gigi setiap kali selesai makan agar gigi lebih sehat. Cara menggosok gigi tidak sembarangan dan perlu diperhatikan, yakni dengan mengusahakan menjangkau semua permukaan gigi. Jika tidak melakukan hal ini secara rutin, jelas dampak yang terjadi adalah gigi akan menjadi kuning, berplak, dan berlubang.

Berkumur dengan cairan obat anti bakteri
Cairan pencuci mulut memiliki kandungan alkohol yang dapat mensterilkan asam dan bakteri pada mulut. selain memakai obat kumur, bisa juga menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat alami.

Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula
Salah satu penyebab mudahnya muncul plak pada gigi ialah sisa makanan yang mengandung banyak gula. Maka kurangilah konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Kopi, teh, jus, serta minuman lain yang memiliki gula tambahan juga menyebabkan asam pada gigi.

Perbanyak konsumsi makanan bergizi
Berbeda dengan makanan dengan kadar gula tinggi, hendaknya perbanyaklah makanan yang dapat memberikan nutrisi tambahan pada kesehatan gigi. Misalnya sayuran dan buah mengandung vitamin dan mineral.

Menghindari merokok
Kalau anda kecanduan merokok, maka mulai sekarang hentikanlah kebiasaan tersebut. Itu hanya akan merugikan anda dan orang-orang disekitar Anda. Tembakau yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan ganggunan mulut dan kerusakan pada gigi. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.
Nah, itulah beberapa tips seputar cara menghilangkan plak pada gigi. Semoga bermanfaat dan lebih bersemangat dalam menjaga kesehatan gigi ya 😀

Related posts:

tags: ,