Cara Diet Yang Benar Dan Salah

Thursday, October 31st 2013. | Kesehatan

Diet merupakan salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menghilangkan lemak di tubuhnya agar mendapatkan ukuran tubuh yang ideal. Namun tidak semua orang menjalankan cara diet dengan benar. Bahkan, diet yang salah bisa berakibat fatal, seperti mengalami gangguan kesehatan, dan berat badan justru naik.

Berikut ini cara diet yang salah dan cara diet yang benar yang seharusnya dilakukan:

  1. Mengurangi komposisi makanan secara berlebihan adalah cara diet yang salah. Pola diet semacam ini dapat mengakibatkan tubuh menderita kekurangan asupan gizi dan nutrisi, terutama kalori yang biasa didapatkan dari konsumsi karbonhidrat dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, cara yang benar adalah mengurangi komposisi makanan secara seimbang, serta melatih cara makan dengan piring kecil, sehingga porsi makan cenderung berkurang.
  2. Mengganti makanan pokok dengan dengan camilan bukanlah cara yang benar  untuk diet. Namun, sebaiknya mengganti makanan pokok dengan shake. Shake adalah makanan kesehatan dari bahan-bahan sayuran  dan buah yang dibentuk dalam bentuk susu bubuk yang baik untuk diet.
  3. Mengurangi konsumsi air putih adalah tindakan yang salah. Kurang minum air putih dapat menyebabkan tubuh menahan banyak air dalam tubuh, sehingga menjadi bobot berat tambahan. Selain itu, saat tubuh kekurangan air, maka pencernaan dan metabolisme nutrisi tidak lancar. Jadi dianjurkan agar diet dengan tetap minum air putih 2-3 liter perharinya untuk keseimbangan tubuh.
  4. Melewatkan sarapan pagi bukanlah diet yang dapat dibenarkan. Padahal sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting  bagi tubuh seseorang. Saat anda tidur selam 8 jam tanpa nutrisi, tubuh kita sangat butuh asupan nutrisi di waktu sarapan tersebut. Jadi, diet yang benar adalah tetap sarapan pagi meski sedang diet.
  5. Tidak makan setelah berolahraga adalah diet yang salah. Padahal makan setelah berolah raga merupakan salah satu makan penting bagi tubuh. Sangat dianjurkan untuk minum karbonhidrat dan protein sekitar 15 menit setelah berolahraga, dan tentunya makanan yang sehat.
  6.  Sering begadang adalah pilihan yang salah. Sebuah penelitian di AS menyatakan, kurang tidur akan meningkatkan hormone rasa lapar dan menurunkan hormone rasa kenyang. Studi yang lain menambahkan, orang yang tidurnya kurang dari 4 jam sehari punya peluang menderita obesitas 73% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 7-9 jam perhari. Jadi, diet yang benar adalah mengatur waktu istirahat secara tepat dan konsisten.
  7. Absen makan akan bikin kurus bukan diet yang benar. Menahan lapar membuat metabolism tubuh seseorang menurun, sehingga pembakaran lemak menjadi terhambat, merasa loyo dan kurang fit sehari-harinya karena hal terebut juga dapat menyebabkan energi menurun. Jadi yang benar adalah tetap makan secara wajar dengan makanan yang sehat untuk memacu metabolisme.
  8. Menghindari produk susu apapun tidak dianjurkan untuk program diet. Ini keliru seseorang wanita yang mengkonsumsi susu rendah lemak 3-4 kali sehari mampu mengusir 70% lemak dari tubuhnya. Kalsium dari susu berperan untuk memerintahkan tubuh membakar kelebihan lemak. Jadi, meski diet, susu tetap dibutuhkan tubuh untuk menunjang program diet.

Related posts:

tags: ,