6 Cara agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Sunday, April 23rd 2017. | Kesehatan

cara agar cepat hamil     

      Pasangan muda kerap mencari cara agar cepat hamil tanpa menunda waktu. Kehamilan pada usia yang tepat semakin baik untuk kesehatan ibu dan anak. Serta tentunya hidup rumah tangga kian disempurnakan oleh hadirnya calon anak pertama.

Sayangnya, terkadang kabar bahagia itu harus tertunda cukup lama. Bisa setahun setelah menikah atau bahkan lebih lama lagi. Padahal harapan dari keluarga soal momongan pun menanti untuk segera diwujudkan.

Jika tak ingin menunda waktu, maka Anda dan pasangan perlu berusaha sebaik mungkin. Konsultasi ke dokter kandungan tentunya jadi hal pertama yang wajib dilakukan. Sedangkan usaha lain adalah dengan mengikuti cara agar cepat hamil dengan proses aman dan alami.

Beberapa tips berikut ini disarankan untuk menjaga kondisi fisik dan pikiran. Tidak hanya bagi calon ibu, tetapi juga para calon ayah.

  1. Membidik Masa Subur

Seringkali meski Anda sering bercinta dengan pasangan, kehamilan yang dinanti tak kunjung datang juga. Cara agar cepat hamil adalah dengan membidik kapan masa subur istri terjadi.

Bercinta di masa subur istri membuka kemungkinan hamil lebih besar. Apabila interval masa menstruasi selama 28 hari, maka hitung waktu 14 hari setelah hari pertama menstruasi. Pada waktu subur itulah pembuahan dapat diprediksikan. Supaya hasilnya lebih optimal, lakukan hubungan seksual teratur antara 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan ideal adalah langkah penting bagi rencana kehamilan. Menurut National Infertility Association, 30 persen masalah ketidaksuburan terjadi akibat obesitas atau kelebihan berat badan, baik pada wanita maupun pria. Meski demikian, tidak dianjurkan berdiet ketat, sebab daya tahan tubuh sangat penting untuk menjaga peluang kehamilan.

  1. Penuhi Nutrisi, Asam Folat, dan Vitamin

Sangat penting memperhatikan pola makan yang sehat menjelang kehamilan. Kualitas kesiburan pria dan wanita dapat ditingkatkan melalui konsumsi Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, dan juga Vitamin E setiap harinya. Maka lengkapi asupan nutrisi dari makanan berprotein nabati, serat dari sayur maupun kacang-kacangan, serta buah-buahan segar.

Sayuran hijau kaya dengan kandungan zat besi untuk menjaga organ reproduksi. Sumber asam folat itupun sangat mampu mendukung cara agar cepat hamil serta mengurangi gangguan perkembangan otak embrio.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Aktivitas olahraga teratur akan memperbesar potensi kesuburan. Namun kelelahan fisik pun akan mempengaruhi masa ovulasi. Lakukan beberapa olahraga ringan yang menyenangkan dan menenangkan, salah satunya adalah yoga.

Di sisi lain, kebugaran tubuh dapat dijaga dengan menjaga daya tahan tubuh. Mereka yang mempunyai jadwal istirahat yang cukup di saat malam akan memiliki tingkat kesuburan yang jauh lebih baik, dibanding dengan pasangan yang jadwal istirahatnya kurang. Sementara itu, jika tidurnya kurang maka dapat membuat pria mengalami libido yang menurun, performa seks yang juga menurun, dan tentunya kualitas sperma pun akan menurun. Untuk itu, jangan lupa konsumsi multivitamin agar daya tahan tubuh lebih terjaga.

  1. Kendalikan Stres

Salah satu faktor penyebab kehamilan tertunda adalah stres atau beban pikiran yang terlalu banyak. Usahakan selalu meredakan stres dengan beberapa kebiasaan menarik, antara lain jalan-jalan menghirup udara segar, mencoba meditasi dan yoga, nonton film dan mendengarkan musik, serta hobi lainnya.

  1. Hindari Merokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol bisa menjadi penyebab kemandulan. Oleh karena itu, ketika menjalani program hamil sebisa mungkin kurangilah keinginan untuk merokok terutama minum alkohol.

Nah itulah cara agar cepat hamil yang dapat membantu Anda untuk segera mendapat momongan. Semoga sukses!

 

Related posts:

tags: , ,