5 Tips Foto di Pantai untuk Liburan Akhir Pekan

Friday, April 21st 2017. | Lifestyle

tips foto dipantai3Memotret pemandangan pantai dengan kamera apapun, bukan masalah. Pada tips foto di pantai ini kamu bisa menggunakan kamera poket, DSLR. bahkan fitur kamera smartphone yang kualitas fotonya instagramable.

Jika ingin mendapat hasil terbaik maka persiapan diri dan kamera Anda secara lengkap. Sebelum digunakan, bersihkan kaca kamera dengan kain halus. Pastikan kondisinya oke dan bebas dari masalah teknis. Dengan begitu maka tips foto di pantai sangat mungkin membuat foto Anda ‘bercerita’.

Nah, jadi apa sajakah tips-tips praktisnya? Simak pentingnya eksplor lokasi, sumber cahaya, angle dan komposisi, karakter warna, mode beach selfies, dan lain sebagainya.

  1. Eksplorasi Suasana Pantai

Sebelum memotret coba telusuri sudut-sudut pantai untuk menentukan objek alam yang paling menarik. Dengan menikmati suasana selama beberapa saat, Anda dapat membidik angle dan komposisi tepat saat memotret pemandangan pantai beserta lautnya.

  1. Pengaturan Mode Kamera

Berbagai mode pengaturan kamera sangat perlu menjadi perhatian. Semisal bagaimana penggunaan ISO, exposure-gelap dan terang foto, white balance, dan shutter speed, di lokasi yang amat luas dan terbuka seperti hamparan pantai. Gunakan pula filter UV untuk melindungi lensa dari sinar ultraviolet.

Jangan lupa tips foto di pantai dengan menentukan ISO yaitu mengontrol sensitivitas kamera terhadap cahaya. Aturlah ISO ke nomor yang lebih rendah seperti 100 agar pencahayaan terang alami. Dengan ISO rendah, hasil fotonya akan lebih bagus.

Pada bidikan foto yang sedang bergerak pengaturan shutter speed harus cukup cepat, misalkan 1/15 detik atau 1/100 detik. Semisal pengunjung pantai, perahu yang baru saja berlabuh, pemancing atau nelayan yang menjaring ikan, biota pantai, burung-burung, dan sebagainya.

Kecepatan shutter baik cepat maupun lambat akan menghasilkan foto-foto unik. Selain itu agar memperoleh shutter speed cepat tanpa membuat hasil fotonya gelap, coba naikkan nilai ISO-nya.

  1. Bersahabat dengan Cahaya

Landscape yang bagus untuk tips foto di pantai yaitu efek cahaya berada di belakang pemotret. Selain mengelola cahaya matahari, biasanya foto landscape tampak lebih menarik bila memiliki warna-warna yang kuat dari setiap objeknya.

Supaya cahaya dan warna di dalam foto landscape pantai lebih menonjol, manfaatkan waktu terbaik saat pencahayaan alam sedang dramatis.

Anda bisa mulai memotret sejak pukul 06.00 sampai 08.00 pagi, dan sore hari sekitar pukul 16.00 -18.00 sore. Rentang waktu ini disebut golden hours  ketika matahari terbit dan akan tenggelam sehingga warna langit cenderung bergradasi dengan indahnya.

  1. Tentukan Angle dan Komposisi Foto

Objek biasa seketika jadi luar biasa jika kita bisa mencari sudut yang berbeda. Sebisa mungkin cari angle terunik. Di hamparan pantai ada beragam paduan objek menarik. Ada laut berombak, karang, dan langit berawan. Perahu dan nelayan. Pepohonan kelapa. Pasir dan kerang. Payung warna-warni di atas pasir, dan sebagainya. Jangan lupa keberadaan objek manusia, seperti nelayan dan jaringnya, akan membuat suasana foto akan semakin kuat.

  1. Beach Selfies

tips foto di pantai

Kepingin melakukan beach selfies, tentunya tips foto di pantai takkan luput dari penampilan Anda. Ke pantai dengan pakaian dan asesoris santai dan casual, ataupun ingin yang lebih elegan, hal ini tergantung selera Anda. Kombinasikan warna-warna natural agar hasil fotonya tidak terlalu mencolok.

Sentuhan akhir dari tips foto di pantai ini adalah tahap editing seperti cropping, contras, sharpen, efek filter, dan lain sebagainya.  Dengan jepretan foto-foto memuaskan, instagram kita akan penuh momen liburan di pantai yang indah bersama keluarga dan teman-teman. Selamat berlibur!

 

Related posts:

tags: , , ,