4 Tips Backpacker Pemula Praktis dan Efisien

Sunday, April 16th 2017. | Lifestyle, Wisata

tips backpacer pemula2Butuh keinginan kuat untuk menggendong ransel dan memulai perjalanan backpacking. Buat kamu yang bernyali, tetapi masih minim pengalaman backpacker, ada banyak tips backpacker pemula yang bisa membantumu bersiap diri.
Jauh sebelum mewujudkan rencana ‘meransel’, kamu harus punya kemantapan fisik dan mental yang bagus. Ini karena backpacking identik dengan pengeluaran seminim mingkin. Akomodasi, transportasi, dan makan, harus dialokasikan dengan anggaran sekecil mungkin.
Dalam prinsip backpacking perlu ada efisiensi optimal dengan berupaya menghindari zona nyaman. Kita harus berani mengeksplorasi alam serta bertemu banyak orang baru dengan keragaman budaya di luar kebiasaan kita sehari-hari.
Nah, untuk itu bagaimana dan apa saja tips backpacker pemula, perhatikan dulu beberapa referensi sederhana di bawah ini:

1.     Efisien dan Penuh Makna
Seorang backpacer tak hanya identik dengan ransel di punggung. Mereka dikenal sangat efisien dalam mengatur budget perjalanannya, dan senang merancang jalur traveling dengan cara-cara sederhana dan menantang.
Begitu pula saat memilih tujuan wisata, backpacker bisa melangkah kemana saja sesuai keinginan hatinya, baik itu berkeliling negeri sendiri, atau berwisata ransel ke negara lain. Sebisa mungkin tanpa menguras banyak biaya, bahkan kalau bisa nol rupiah saja.
Bagi backpacker sejati, proses traveling menyenangkan bersama segala kesulitannya itulah pengalaman bermakna yang ingin dinikmati dan diabadikan.

2.    Mengapa Perlu Tas Ransel?
tips backpacker pemula Alasan backpacker menggunakan ransel tentunya supaya lebih praktis dan efisien karena bisa digendong, daripada menenteng banyak tas atau koper.  Dengan ‘packing’ yang padat ini maka tidak beragam barang bisa dibawa.
Backpacker hanya memilih barang yang paling fungsional baginya, contoh seperti perlengkapan mandi, kaos yang nyaman, beberapa make-up dan pelindung kulit, sendal dan sepatu casual, topi, kacamata, kamera, ponsel beserta chargernya, dan lain sebagainya Untuk waktu 5 sampai 15 hari, Anda bisa membawa 5 atasan kaos dan 3 bawahan celana.
Terakhir, jangan lupa membawa obat-obatan ringan dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

3.    Perhatikan Destinasi Tujuan
Pastikan kemana destinasi backpacking sesuai tema traveling yang diinginkan. Lengkapi informasi sebanyak mungkin mulai dari jalur transportasi, penginapan, kondisi lingkungan sekitar, termasuk kehidupan masyarakat sekitar kalau ingin mengeksplorasi budaya di sebuah pedesaan.
Jika ingin menjajal backpacking ke seberang pulau bahkan luar negeri, masalah transportasi udara perlu jadi perhatian. Namun saat ini tidak sulit mencari tiket pesawat promo terutama secara online.
Sebelum berangkat cek ulang kelengkapan tiket termasuk dokumen paspor untuk tujuan ke negara lain. Taruhlah dokumen penting di dalam tas tangan tapi jangan sampai tercecer. Catat juga alamat dan nomor telepon KBBI bila ingin traveling ke luar negeri.
Demi untuk memangkas biaya transportasi, backpacker akan menjauh dari kemewahan hotel berbintang, dan mencari penginapan sederhana di sekitar lokasi wisata. Anda bisa mencari sumber infonya pada sejumlah website atau aplikasi traveling.
Selain penginapan, biasanya para backpacker lebih menyukai alam terbuka untuk bermalam, seperti di pinggir pantai atau di puncak gunung. Karenanya persiapkan beberapa hal seperti tenda, perbekalan makan, senter, dan juga alas tidur.

4.    Sisihkan Dana Cadangan
Meskipun backpacking identik dengan traveling murah namun Anda harus tetap membawa uang tunai secukupnya. Khususnya untuk membeli makanan dan minuman yang jadi kebutuhan perut sehari-hari. Namun ingat sebaiknya tidak memilih jajan di restoran atau caffe yang mahal. Carilah tempat makan sederhana yang murah, bersih, dan enak disantap.
Sejauh ini traveling ransel jauh lebih simpel dan murah, daripada gaya koper yang nyaman tetapi cukup mahal. Oleh karena itu, tantangan backpacking memang cukup banyak namun akan menyenangkan bila kamu bisa mengatasinya dengan penuh semangat. Semoga tips backpacker pemula ini bermanfaat dan selamat berpetualang!

Related posts:

tags: , , ,